Manfaat Mengkudu Untuk kesehatan

Manfaat Mengkudu Untuk kesehatan
===================================





Mengkudu adalah salah satu buah asli dari Indonesia yang memiliki nama latin Morinda critifolia. Buah ini memiliki ciri fisik yaitu berbentuk lonjong. Kulit mengkudu memiliki bintik-bintik kecil layaknya buah nanas. Buah ini memiliki banyak jenis, juga memiliki sebutan yang berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing seperti pace atau kudu.

Biasanya orang mengkonsumsi buah mengkudu hanya diambil daging buahnya saja atau dengan kata lain mengupasnya terlebih dahulu dan membuang kulitnya. Padahal pada kulit buah mengkudu bisa di buat obat herbal seperti Obat Titan Gel dan terdapat kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan zat yang terdapat dalam kulit mengkudu sama dengan yang terdapat pada buah dagingnya. Adapun kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu morinda diol, zat bioaktif,  morindone, metil asetil, asam kapril.

kulit mengkudu, manfaat kulit mengkudu, khasiat kulit mengkudu

Dengan kandungan tersebut, sangat wajar jika kulit buah berbau menyengat ini memiliki aneka khasiat menyehatkan. Adapun manfaat dan khasiat kulit mengkudu antara lain :
1. Melancarkan sistem Pencernaan

Buah yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan pencernaan, misalnya saja buah pepaya yang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Namun, siapa sangka jika kulit mengkudu dapat juga berkhasiat memperlancar sistem pencernaan dibanding dengan papaya. Tak hanya memperlancar BAB saja, kulit jenis ini juga ampuh untuk mengobati disentri.
2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang ditakuti karena dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Selain itu, hipertensi juga menjadi salah satu pemicu serangan jantung dan stroke  hingga berujung pada kematian mendadak. Namun, Anda tak perlu khawatir karena xeronin dalam kulit mengkudu dapat menormalkan kembali tekanan darah yang melonjak.
3. Meningkatkan Imun tubuh

Mineral alami, peptide, vitamin C, E dan koenzim Q10 yang terkandung dalam kulit mengkudu dipercaya mampu menguatkan sistem imun. Dengan meningkatnya sistem imun tubuh, tentu saja Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti flu, batuk, pusing dan sejenisnya.
4. Membunuh Kuman dan bakteri dalam tubuh

Tubuh manusia akan sering mengalami penyakit  dikarenakan kuman dan bakteri. Terdapat beribu-ribu macam makhluk biotik ini yang tersebar di sekitar kita. Namun, Anda tak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi kulit mengkudu bakteri akan enyah karena kulit jenis ini mengandung atrokuinon yang mmapu membunuh kuman dan bakteri.
5. Mencegah Kanker

Para Ahli Pengobatan menyebutkan pada buah mengkudu mengandung senyawa anti oksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Antioksidan inilah yang disebut mampu mencegah perkembangan sel kanker.
6. Mengobati Asam Urat

Asam urat salah satu penyakit yang berbahaya karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan gagal ginjal atau bahkan stroke. Senyawa iridoid yang terdapat dalam mengkudu dapat menurunkan kadar asam urat pada tubuh, dengan mengkonsumsinya secara langsung maupun dengan memeras dan di ambil airnya. Selain itu,  senyawa iridoid juga dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit pada tulang yang disebabkan karena tumpukan asam urat.
7. Mengobati Penyakit Gondok

Penyakit gondok merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pada kelenjar tiroid. Sebenarnya, penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi garam beryodium dalam jumlah banyak. Namun, jika Anda memiliki penyakit darah tinggi, cara seperti ini sangat tak dianjurkan. Akan lebih aman jika penderita hipertensi menggunakan kulit mengkudu sebagai media pengobatan penyakit gondok.
8. Menyembuhkan Bronkitis

Salah satu faktor penyebab penyakit bronkitis yaitu adanya bakteri atau kuman yang masuk dalam tubuh melalui proses pernapasan. Kemungkinan terkena bronkitis akan semakin meningkat jika bernafas melalui mulut. Bronkitis akan menimbulkan sesak nafas, peradangan, kerusakan paru atau bronkial. Tak hanya itu, penderita juga akan merasakan terbakar di bagian dada dan sakit di seluruh anggota tubuh.

Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, segera ambil kulit mengkudu dan ambil airnya. Hal ini dikarenakan kulit buah ini mengandung antibakteri dan senyawa yang mampu meredakan inflamasi.
9. Mengobati Sakit Gigi

Penyakit yang satu ini dapat menyebabkan seluruh tubuh menjadi ikut sakit dan bahkan menimbulkan bad mood yang berkepanjangan. Salah satu faktor penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang atau karena bakteri dan kuman dalam mulut. Nah, agar sakit gigi tak menganggu aktifitas secara berkepanjangan, cobalah mengunyah kuit mengkudu. Selain dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi, cara seperti ini juga sangat ampuh untuk mengusir bau mulut.




Komentar